Tugas Sim 2

Universitas merupakan suatu sistem dan suatu supersistem

 

Sistem berasal dari bahasa latin (systēma) dan bahasa yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen  yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi atau . Istilah energi ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.Kata “sistem” banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
suatu prosedur adalah urut-urutan yang tepat dari tahapan-tahapan instruksi
yang menerangkan Apa (What) yang harus dikerjakan, Siapa (Who) yang mengerjakannya, Kapan (When) dikerjakan dan Bagaimana (How) mengerjakannya.
Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponennya
mendefiniskan sistem sebagai berikut ini :
Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk
mencapai suatu tujuan tertentu.Kedua kelompok definisi tersebut adalah benar dan tidak bertentangan, yang berbeda adalah cara pendekatannya. Pendekatan sistem yang merupakan kumpulan elemen-elemen atau komponen-komponen atau subsistem-subsistem merupakan
definisi yang lebih luas. Definisi ini lebih banyak diterima, karena kenyataannya suatu sistem dapat terdiri dari beberapa subsistem atau sistem bagian. Sebagai misal, sistem akuntansi dapat terdiri dari beberapa subsistem-subsistem, yaitu subsistem akuntansi penjualan, subsistem akuntansi pembelian, subsistem akuntansi penggajian, subsistem akuntansi biaya dan lain sebagainya.

Apa itu Supersistem ?
Walaupun istilah supersistem jarang digunakan, sistem seperti ini ada. Jika suatu
sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar, sistem yang lebih besar itu adalah
supersistem.
Dari definisi dan penjelasan diatas dapatlah diambil kesimpulan, suatu sistem terdiri dari elemen yang bisa berbentuk individu atau bagian-bagian yang terpisah, kemudian berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan. Mobil terdiri dari bagian-bagian sistem yang berinteraksi/kerjasama untuk tujuan mobil tersebut bergerak ke suatu arah. Keluarga, pertama kali terdiri dari 2 individu yang terpisah yang mana individu itu sendiri merupakan suatu sistem yang terdiri dari subsistem-subsistem, kemudian bersatu membentuk keluarga untuk mencapai suatu tujuan.

Jadi, Mengapa universitas merupakan suatu sistem?
Karena universitas didalamnya merupakan suatu elemen-elemen yang berinteraksi untuk
mencapai suatu tujuan tertentu.Tujuan universitas itu sendiri untuk membangun kreatifitas mahasiswa agar lebih terarah hidupnya untuk menghadapi dunia bisnis dan sebaginya. Elemen-elemen itu sendiri adalah Dosen, Mahasiswa, Asisten dosen dsb.
Lalu, Mengapa pula universitas merupakan suatu supersistem?
Karena universitas terdapat sistem dan sistem itu sendiri terdiri dari elemen -elemen kecil dan jika di gabungkan menjadi sistem yang lebih besar dan untuk mencapai suatu tujuan.

Dari definisi dan penjelasan diatas dapatlah diambil kesimpulan, suatu sistem terdiri dari elemen yang bisa berbentuk individu atau bagian-bagian yang terpisah, kemudian berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan. Dan karena itu Pendidikan merupakan suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Suatu usaha pendidikan menyangkut tiga unsur pokok yaitu unsur masukan, unsur proses usaha itu sendiri, dan unsur hasil usaha.

 Apakah tagihan yang dicetak perusahaan telepon merupakan data atau informasi? 

Dewasa ini, teknoogi informasi merupakan sarana penting yang penunjang bagi kelangsungan suatu perusahaan, baik perusahaa kesil atau besar. Karena Informasi ini diharapkan untuk mempermudah pekerjaan untuk mencapai tujuan.

Pada pengiriman tagihan telepon, tagihan telepon merupakan fitur pelayanan dari perusahaan telepon metropolitan bagi pelanggan yang bersifat opsional. Tagihan telepon ini merupakan suatu data yang dipakai sebagai alat informasi bagi pelanggan untuk mengetahui jumlah tagihan telepon mereka. Tagihan telepon ini juga bisa sebagai alat pengawasan pelanggan terhadap perhitungan pemakaian rekening telepon mereka. Data-data yang dicantumkan dalam tagihan telepon adalah: Total tagihan dan tanggal jatuh tempo, Jumlah Tagihan Bulan Lalu, Jumlah Tagihan Bulan Ini, Jumlah Pembayaran, Sisa Tagihan, dan Sisa Angsuran, Rincian Pemakaian.

Karena sifatnya yang merupakan data yang diolah dan memberikan manfaat yang berguna, maka tagihan telepon merupakan suatu informasi yang dipakai perusahaan telepon metropolitan untuk mengetahui jumlah perhitungan pemakaian telepon bagi para pelanggan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: